Selasa, 24 Mei 2011

PERADABAN SUKU AZTEC


Kaum Aztek atau Aztec adalah orang Amerika Tengah dari sentral Meksiko yang kaya dengan warisan mitologi dan kebudayaan. Dalam bahasa Nahuatl, bahasa suku Aztek, "Aztek" berarti seseorang yang berasal dari Aztlán". Kaum Aztek juga menyebut diri mereka sebagai Mehika atau Meshika atau Mexica, asal nama "Meksiko". Penggunaan nama Aztek sebagai istilah yang merujuk kepada mereka yang mempunyai ekonomi, adat, agama, dan bahasa Mexica diawali oleh Alexander von Humboldt.
            Aztec merupakan satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara umum sebagai nahuas mengikut bahasa mereka.

            Ketika kaum Aztek sampai ke lembah Anahuac, mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk belajar dan mengambil dari kaum- kaum lain.

             Mereka banyak belajar dari Toltec tua yang sering dikelirukan dengan kebudayaan Teotihuacan yang lebih tua. Kaum Aztec menggabungkan beberapa tradisi dicampurkan dengan tradisi mereka sendiri. Karena itu mereka mempunyai beberapa mitos penciptaan, satu darinya menggambarkan empat era sebelum dunia sekarang, kesemuanya berakhir dengan malapetaka. Era kelima akan kekal disebabkan pengorbanan hero kepada matahari.

              Dongeng atau cerita rakyat ini dikaitkan dengan kota tua Teotihuacan, yang telah musnah ketika kaum Aztec tiba. Mitos yang lain menggambarkan dunia sebagai ciptaan dewa kembar, Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl. Tezcatlipoca kehilangan kakinya dalam proses ciptaan dunia dan semua gambaran dewa ini menggambarkan Tezcatlipoca tanpa kaki dan menampakkan tulang.

             Berdasarkan legenda yang ada, mereka mengembara ke daerah Lago de Texcoco di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara yang dikenali sebagai Aztlan. Suku ini dipandu oleh dewa mereka Huitzilopochtli. Sewaktu mereka tiba di sebuah pulau yang terdapat di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal, gambaran yang sesuai dengan ramalan yang menyuruh mereka membuat pemukiman baru di situ.

             Kaum Aztek membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang merupakan pusat Kota Meksiko atau Mexico City. Burung Elang yang melegenda itu pun juga terdapat dalam bendera Meksiko dengan tujuan agar Elang tersebut akan terus dikenang sampai akhir peradaban suku Aztec ini.
             1325, Mexico City yang kini menjadi ibukota Meksiko, dibangun oleh raja
terakhir Dinasti Aztec. Aztec adalah salah satu di antara suku-suku bangsa
kulit merah Amerika Selatan yang datang ke Meksiko pada abad ke-12.
Kehidupan bangsa Aztec berpusat pada pertanian. Namun pada abad ke-16,
bangsa Spanyol datang ke Meksiko untuk menancapkan imperialismenya di
kawasan itu. Bangsa Aztec melakukan perlawanan dan terjadilah
pertempuran di antara keduanya yang dimenangkan oleh Spanyol. Sejak
saat itu, jutaan orang Spanyol berdatangan ke Meksiko dan tinggal di
sana, sementara bangsa Aztec tersingkir dan akhirnya punah.

 
Legenda

Aztek merupakan satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara
umum sebagai "nahuas" mengikut bahasa mereka. Ketika kaum Aztek sampai
ke lembah Anahuac, mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling
tidak berperadaban, jadi mereka memutuskan untuk belajar, dan mengambil
dari kaum- kaum lain, mereka banyak belajar dari Toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan Teotihuacan yang lebih tua. Kaum Aztek menggabungkan beberapa tradisi dicampurkan dengan tradisi mereka sendiri. Karena itu mereka mempunyai beberapa mitos penciptaan, satu darinya menggambarkan empat era sebelum dunia sekarang, kesemuanya berakhir dengan malapetaka. Era kelima akan kekal disebabkan pengorbanan hero kepada matahari. Dongeng ini dikaitkan dengan kota tua Teotihuacan, yang telah musnah ketika kaum Aztek tiba. Mitos yang lain menggambarkan dunia sebagai ciptaan dewa kembar, Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl. Tezcatlipoca kehilangan kakinya dalam proses ciptaan dunia dan semua gambaran dewa ini menggambarkan Tezcatlipoca tanpa kaki dan menampakkan tulang. Quetzalcoatl juga dikenali sebagai Tezcatlipoca Putih.

         Menurut legenda, mereka mengembara ke Lago de Texcoco di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara yang dikenali sebagai Aztlán. Mereka dipandu oleh dewa mereka Huitzilopochtli. Ketika mereka tiba di sebuah pulau di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal,gambaran yang sesuai dengan ramalan yang menyuruh mereka membuat pemukiman baru di situ. Kaum Aztek membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang merupakan pusat Kota Meksiko (Mexico City). Burung Elang legenda itu pun juga terdapat dalam bendera Meksiko.




1 komentar:

Blogger mengatakan...

In this fashion my associate Wesley Virgin's story launches with this shocking and controversial VIDEO.

Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to get anything they want.

As it turns out, these are the same methods lots of famous people (notably those who "became famous out of nothing") and top business people used to become rich and famous.

You've heard that you use less than 10% of your brain.

That's mostly because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

Perhaps that conversation has even occurred INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around 7 years back, while driving a non-registered, trash bucket of a car without a driver's license and in his bank account.

"I'm absolutely fed up with going through life check to check! Why can't I become successful?"

You've taken part in those types of questions, isn't it so?

Your very own success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

Watch Wesley Virgin's Video Now!

Posting Komentar